Kaka’ vs Ronaldo?

Cristiano Ronaldo memang luar biasa di 2008 ini. Ia pun hampir dipastikan meraih gelar pemain terbaik Eropa maupun Dunia. Tapi tunggu dulu, ada sedikit cerita menarik menjelang diumumkannya peraih kedua trofi tersebut. Tahun lalu, posisi Kaka mirip dengan Ronaldo. Beberapa waktu menjelang diumumkannya pemenang, Kaka sudah diperkirakan akan meraih kedua trofi tersebut. Dan akhirnya Kaka memang terpilih sebagai pemain terbaik.

Ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Ronaldo, secara optimis mengatakan bahwa dirinyalah yang terbaik di Eropa maupun dunia. Terkesan arogan memang. Sedangkan tahun lalu, Kaka tidak searogan Ronaldo. Ia optimis tetapi masih mampu menjaga perkataan. Dirinya tidak sesumbar akan meraih gelar tersebut. Setidaknya, ia masih mengakui keberadaan para pesaingnya termasuk Ronaldo dan Messi.

Kali ini, Ronaldo beberapa kali menyatakan dirinyalah yang terbaik dan pantas mendapatkan gelar tersebut. Ironisnya, saat dihelat pertandingan persahabatan antara Brasil dan Portugal, citra Ronaldo sedikit menurun. Di samping kekalahan telak 6-2 yang dialami Portugal, Ronaldo pun menunjukkan sikap yang kurang pantas di lapangan. Ia sempat terlihat mencekik salah satu pemain Brasil ketika sedang bersitegang. Sepetinya ia frustrasi dan selalu terpancing emosinya (hal yang semestinya tidak dilakukan oleh seorang kapten yang memimpin rekan-rekannya di lapangan). Di pihak lawan, peran Kaka begitu sentral dan hampir setiap serangan “dirancang” oleh kakinya. Hingga akhirnya ia membawa Brasil memenangkan pertandingan tersebut.

Kaka memang tidak secepat atau sejago Ronaldo dalam mendribling bola. Tapi urusan behaviour, saya rasa Kaka lebih unggul. Mulai dari sikap rendah hati, kesabaran, hingga sifat religiusnya ditunjukkan Kaka baik di dalam mapun luar lapangan.

Jadi, siapa lebih baik?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s