Ada Apa Dengan Milan

ronnie_pippo_disappointed_bologna_1Entah apa yang ada di benak Leonardo- pelatih baru Milan untuk musim 2009/2010- melihat tim asuhannya tertatih-tatih menjalani awal musim serie-A kali ini. Dari 7 kali bertanding, Milan hanya mampu meraih dua kemenangan. Sisanya, 3 imbang dan 2 kalah. Hasil itu membuatnya terdampar di peringkat 12 klasemen sementara. Sebuah hasil yang bisa dikatakan buruk bagi tim sekelas Milan. Memang perjalanan masih panjang, tapi bukan kebiasaan Milan mengawali musim ngos-ngosan seperti ini. Siapa yang salah?

Kepergian Ancelotti dan Kaka disebut-sebut sebagai penyebab utama buruknya performa Milan belakangan ini. Mungkin ada benarnya. Tapi Milan tidak sekedar Ancelotti atau Kaka, bukan? Beberapa pemain didatangkan ke Milan. Sebut saja Oguchi Onyewu, Klas Jan Huntelaar, dan Thiago Silva- untuk nama terakhir sudah dikontrak sejak Januari lalu. Pergerakan Milan di bursa transfer memang mengecewakan. Harapan mendatangkan Luis Fabiano pun langsung sirna. Masuknya Huntelaar sempat membawa angin segar bagi kubu Milan. Namun ternyata hasilnya di luar harapan.

Ada sosok yang belum tersorot? ya, Leonardo. Sungguh mengejutkan petinggi Milan akhirnya menunjuk Leonardo sebagai suksesor Don Carletto. Mengingat sebelumnya belum pernah melatih klub manapun. Ia hanya memiliki pengalaman sebagai pemain dan pencari bakat Milan. Awalnya, tidak ada yang salah. Toh, Pep Guardiola- yang notabene minim pengalaman sebagai pelatih- saja mampu membawa Barca meraih “treble winner” di musim pertama dia melatih. Leonardo juga pasti bisa. Tapi, kenyataan berkata lain. Leonardo sepertinya belum “lihai” untuk jadi seorang pelatih.

Sebenarnya saya sudah bosan mendengar atau membaca kalimat bangkit, bangkit, dan bangkit. Itu yang kerap diucapkan baik pelatih atau pemain Milan usai memperoleh hasil buruk. Mana bangkitmu Milan? Secara pribadi saya menilai sektor yang perlu dirubah ialah kursi kepelatihan. 7 pertandingan serie-A  buat saya sudah cukup membuktikan kapasitas Leonardo sebagai pelatih. Ya, satu kata, GANTI!

Cukup mustahil tentunya suara saya seorang Milanisti tadi didengar oleh para petinggi Milan. Mereka masih percaya Leonardo. Baik, sekarang saya hanya bisa terus berharap agar Milan menemukan permainan terbaiknya. Saya percaya suatu saat kamu bisa. Forza Milan!

2 thoughts on “Ada Apa Dengan Milan

  1. Fans milan juga nih bung adit?
    honestly, saya juga sedih banget sama apa yang terjadi sama milan, pernah bikin 10 daftar kesalahan milan tapi emang ujung2nya ya manajemen yang salah. imho, Leonardo kalaupun diganti bukanlah penyelesaian dari semuanya. Dia hanya scapegoat karna emang gak didukung sama skuad yg mumpuni, jujur aja, paska kaka almarhum dari Milan, lini tengah milan masih mati hingga saat ini

  2. Milan is in my blood. 🙂

    ya, saat saya nulis mungkin saya sedang kecewa-kecewanya sama Milan dan yang saya kambing hitamkan yaitu Leonardo. Tapi seiring waktu berjalan, saya juga setuju dengan pendapat Anda. Titik utama permasalahan mungkin bukan pada Leonardo, entah apalah itu.

    Kini saya percaya Leo punya kapabilitas utk melatih Milan. Dan hari ini. Ya, tadi dini hari. Milan benar2 berhasil membuat malu Madrid di hadapan para pendukungnya… gilaa..gilaa! tegang banget nontonnya…

    Dari 2 pertandingan terakhir (vs.Roma dan Madrid), saya mencermati ada 2 poin yg perlu dikomentari:

    1. Milan lambat panas. Tertinggal di awal tapi selanjutnya menggebrak.
    2. Masih suka terjadi kesalahan-kesalahan individu pemain. Saat lawan Roma, Thiago Silva melakukan blunder fatal. Lalu saat dijamu Madrid, giliran Dida yang melakukan blunder.

    Semoga ini jadi bahan pembelajaran Milan untuk menjadi lebih baik lagi.

    Salam kenal,
    Milan Champione!!

Leave a Reply

