Pecel oh.. Pecel

Sebutkan definisi pecel! Saya yakin jawabannya berbeda-beda. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pecel ialah makanan yg terdiri atas sayuran, seperti kacang panjang, bayam, taoge yg disiram dng kuah sambal kacang. Pecel yang dimaksud oleh KBBI ini mungkin makanan yang hampir mirip dengan gado-gado atau lotek karena menggunakan kata “sambal kacang”. Lalu bagaimana dengan pecel lele atau pecel ayam? namanya saja sudah paka kata “pecel”, pasti sambalnya sambal pecel kan? Tapi masalahnya, pecel lele/ayam ini disajikan bukan dengan sambal yang mirip lotek tadi. Memang masih menggunakan kacang, tapi tidak dominan seperti apa definisi menurut KBBI tadi. Oke, kita bahas..

Kebingungan saya dimulai ketika saya-yang sebelumnya menganggap bahwa pecel itu seperti yang ada di pecel lele/ayam, disuguhi bumbu pecel oleh mamah saya. Bumbu tersebut dibeli di pasar kemudian di masak sendiri. Cara memasaknya pun mudah, hanya dipanaskan dengan air. Nah, bumbu itu dibuat untuk cocolan bala-bala (maksudnya bala-bala dicocolin ke bumbu pecel). Rasanya luar biasa!!! Saya akan selalu rindu bala-bala + bumbu pecel buatan mamah! Maka sejak itu saya bingung, sebenernya pecel tuh yg gimana sih? yang bumbu kacang atau yang kaya di pecel lele?! Oya, di Bandung saya juga pernah melihat pedagang Pecel Madiun (ini kayanya yg bumbu kacang itu deh).

DSC01299Akhirnya saya bertanya-tanya ke teman2 dan tukang pecel lele (bukan berarti semua teman saya tukang pecel lele ya!). Ternyata jika kita menggunakan kata “pecel” saja, itu merujuk pada bumbu yang terbuat dari bumbu kacang. Ya, sesuai dengan definisi KBBI: sayur-sayuran yang disiram oleh bumbu kacang (bisa pakai lontong atau nasi). Saya sendiri belum pernah mencobanya. Mungkin rasanya tidak jauh beda dari lotek. Makanan ini merupakan khas Madiun, Jawa Timur.

pecakleleCVRNah, sedangkan yang menjadi favorit saya ialah jenis pecel yang ke-2. Sambal pecel ini terbuat dari cabai, kacang, terasi, dan tomat. Yang jelas, unsur kacang tidak dominan di sambal ini. Berbeda dengan pecel khas Madiun, pecel jenis ini bukan untuk bumbu sayuran. Sambal ini dimakan bersama lele atau ayam goreng. Makanya, ada istilah pecel lele atau pecel ayam. Setahu saya (maaf kalau salah), pecel ini merupakan khas Jawa Timur (kecuali Madiun). Kebanyakan pedagangnya berasal dari Lamongan.

Ada sedikit cerita kenapa saya jadi suka sambal ini. Awalnya saya benar-benar ngga suka. Lebih tepatnya ngga mau mencoba. Hingga akhirnya saya diajak oleh teman-teman saya untuk makan di Bebek Darmo yang punya nama lain: Mc Darmo. Ada Ice Cone ngga ya?? Ketika itu sebenarnya saya memesan ayam goreng yang tidak memakai sambal. Mungkin karena riweuh, si masnya lupa dan menyertakan sambal di ayam goreng pesanan saya. Lalu terlintas keinginan untuk mencoba. Dan! akhirnya… cocolan sesobek daging ayam ke sambal tersebut mengubah persepsi saya terhadap sambal pecel tersebut. yeahhh!! sejak itu saya jadi suka sambal pecel ayam. Dipikir-pikir benar juga kata teman saya, mana enak makan nasi+ayam goreng, tapi ga pake sambel. he..he.. Terimakasih teman-teman sudah mengajak ke tempat itu. Terimakasih juga mas-mas riweuh yang tetap menyertakan pecel pada ayam goreng pesanan saya. 🙂

Mungkin informasi yang saya sebutkan di atas juga belum tentu 100 % benar, karena rasa sambal2 tersebut ya tergantung pembuatnya juga. Untuk sambal pecel ayam/lele saja, ada yang lebih dominan kacangnya, atau tomatnya, atau cabainya, ataupun terasinya… Bahkan, di daerah-daerah tertentu pun memiliki definisi yang berbeda mengenai “pecel”.

update: ada informasi tambahan yang saya peroleh dari seorang teman bernama Dodo. Dia putra Madiun asli. Ketika ditanya pengetahuannya mengenai pecel, ia bilang pecel yang sebenarnya ialah bumbu kacang. Kalau sambel pecel lele/ayam yang biasa kita temukan di Bandung, itu dinamakan ayam penyet. Ya, di jawa timur sambal tersebut dinamakan sambal ayam penyet. Terimakasih untuk Dodo atas sumbangan informasinya..

Namun dengan segala keterbatasan, semoga bermanfaat luR!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s