Ekspedisi Pecel Ayam #2: Jalan Wastukencana

DSC_0103Berjumpa kembali dalam Ekspedisi Pecel Ayam edisi ke-2. Kali ini, tujuan kami ialah Pecel Ayam/Lele yang terletak di Jalan Wastukencana (tepatnya pertigaan Jalan Linggawastu). Masih belum tau? Pokonya kalau dari arah Cihampelas, sebelum SPBU, sebelah kiri jalan. Info awal mengenai pecel ayam ini saya dapatkan di salah satu situs yang membahas makanan-makanan yang enak dan murah di Bandung. Info yang saya dapatkan, pecel ayam ini sangat laku. Buka pukul 17.00, pukul 20.00 sudah habis. Wow! Itulah alasan mengapa saya penasaran terhadap pecel ayam ini.

Kali ini tim bertambah satu. Selain saya, Ardhy, Rian, ada juga Lingga. Dengan begitu jumlah Karucel (Kawanan Pemburu Pecel) sementara berjumlah 4 orang. Ayo yang lain gabung! Jumat itu- hari tetap kami berwisata pecel- kami berencana menonton Public Enemies di Ciwalk XXI. Sesudahnya, baru kami menuju lokasi utama, Pecel Ayam!

Ketika sampai, kami pun memarkirkan motor tepat di sebelah tenda pecel ayam tersebut dengan dibantu seorang tukang parkir nyentrik. Tenda terisi penuh. Tapi kebetulan ada yang sudah selesai makan dan meninggalkan tenda. Langsung saja kami memesan, saya seperti biasa= ayam+tahu, Rian= ayam saja, Ardhy= ayam +tempe, dan Lingga=Lele+tempe. Semuanya meminta si kol digoreng saja. Akhirnya.. ada juga yang memesan lele. Tapi fokus kami tetap sambalnya. Sambil menunggu, kami melihat-lihat suasana di dalam tenda dan berfoto-foto. Oia, si tukang parkir nyentrik tadi minta difoto! *jepret, jepret! Ardhy dengan gayanya memotret si tukang parkir yang memilih gaya “Duduk di Motor Batur”.

“nih pak, hasilnya”, kata Ardhy.

“Alhamdulilah..”, balas si bapak.

Tak lama, pesanan pun datang. Tapi si mas lupa menggoreng kol nya. Kami pun protes. Tak terima begitu saja. Setelah kol digoreng, kami pun siap menyantap. Kebetulan memang sudah lapar. Saya pun mencocol sobekan tahu ke sambal. Kesan pertama, mm… lumayan, walau tidak terlalu istimewa. Makanlah saya dengan lahap. Hingga akhirnya saya merasakan bahwa yang menonjol dari sambal itu ialah rasa pedasnya. Ini kadar pedas yang saya suka! tidak sangat-sangat pedas, tapi pas menurut saya.

DSC_0093DSC_0091

Sambal ini terasa seperti sambal pecel atau di Jawa Tengah dan Timur disebut penyet, pada umumnya. Terbuat dari hasil ulekan tomat, terasi, kacang, cabai dan sebagainya. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, rasa pedas cukup menonjol di sini. Dan menurut saya pribadi, sambal ini tergolong sambal yang enak. Saya makan dengan sangat lahap. Hingga berkeringat! Mungkin nilai plus juga datang dari porsi nasi yang pas serta ayamnya juga yang nikmat. Jika dibandingkan dengan edisi pertama kemarin, sambal ini memang masih kalah. Tapi secara keseluruhan, saya lebih memilih yang ini! Kecuali jika saya memang ingin makan dengan sambal yang nikmat, mungkin saya akan menuju Buah Batu. Bagaimana penilaian teman-teman saya?

Ardhy: “Sambalnya biasa aja, tapi ayamnya enak!”

Rian: “Sambelna ngeunahan nu di Buah Batu, tapi hayam jeung porsi nasina mending iyeu”

**translate: “Sambelnya enakan yang di Buah Batu, tapi ayam dan porsi nasinya mending yang ini”

Lingga: (lupa uy belum nanya)

Menurut saya, Anda-anda perlu mencoba pecel ayam ini. Selain karena rasanya yang enak, lokasinya pun strategis. Ada di tengah kota. Jika sekitar pukul 7 malam Anda merasa lapar dan ingin makan, cobalah sesekali ke tempat ini. Sepertinya tempat ini memang selalu penuh, tapi tidak sampai mengantri.

Harga: Nasi+Ayam+Tahu = Rp 9.000

Ketika hendak beranjak pulang, kami berfoto-foto dulu di luar tenda sambil ditingalikeun ku si bapak tukang parkir tadi. Kami pun mengobrol-ngobrol kecil dengan si bapak. Begini kira-kira obrolan antara Rian dan si bapak:

*sub: indonesia

“Kapan dicetak fotonya?” tanya si bapak.

“Nanti diupload di Facebook pak,” ujar Rian.

“Apa itu Facebook?” tanya si bapak lagi.

“Semacam goreng-gorengan pak!” jawab Rian.

Sekian untuk edisi kedua ini. Sampai bertemu di edisi berikutnya, dadah!!

Advertisements

One thought on “Ekspedisi Pecel Ayam #2: Jalan Wastukencana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s