Jangan Malang, Jogja Saja

Insya Allah, mulai semester depan saya job cetak. Awalnya saya berkeinginan untuk job di Kota Malang. Saya begitu penasaran dengan kota itu. Banyak yang heran mengapa saya memilih kota tersebut. Jawabannya tidak rumit. Yang paling utama ialah saya ingin belajar hidup mandiri (nge-kos), dan saya juga bosan dengan suasana di Bandung. Jadi intinya, saya  ingin mencari nilai di kota lain. Tapi kenapa Malang? Setahu saya (dengar dari orang-orang), Malang itu kotanya dingin, tidak ramai, dan banyak tempat wisata, terutama di Batu ya?

Namun ke sini-sininya, sepertinya ibu saya tidak begitu setuju kalau saya job di Malang. Begitupun ayah saya. Walaupun kelihatannya ayah saya lebih membebaskan saya. Dipikir-pikir memang terlalu jauh sih Malang. Lalu info yang saya dapatkan, di sana tidak ada apa-apa. Tidak ada hiburan, dll. Biasa aja. Dalam dunia jurnalisme juga, saya dengar kalau media-media massa di Malang kurang begitu menonjol. Yah, saya pun jadi mengurungkan niat saya untuk job di sana. Lalu di mana dong? Entah mengapa, saya jadi terfikir Jogja. Biaya hidup murah, tempat main juga banyak. Ah, sepertinya saya pilih itu saja.

Kemudian saya kontaklah teman saya yang orang Jogja asli. Dia adalah Ayub. Dia juga job di kota itu. Kota di mana ia dibesarkan. Setelah tanya-tanya berbagai hal, sepertinya saya semakin tertarik untuk job di sana. Saya akan mencoba memasukkan surat job ke Harian Jogja, tempat Ayub job cetak. Tapi sepertinya ada sedikit kendala. Di Jogja tidak ada semacam ada angkot. Sedangkan wartawan tentu sangat diperlukan mobilitasnya. Seperti kata Ayub, mau tidak mau saya harus menggunakan motor ketika meliput berita. mm… jadi bingung. Nyewa motor selama sebulan, mahal. Sepertinya saya akan bawa motor saya ini ke sana. Tapi ini juga belum tentu diijinkan oleh orang tua saya. Yah, gimana nanti lah. Yang pasti saya ingin job di luar Bandung.

Dalam waktu dekat ini saya akan membuat surat job dan merencanakan “Low Budget Vacation” ke Jogja. Waktu tersebut akan saya manfaatkan untuk memasukkan surat job ke Harian Jogja. Mudah-mudahan bisa secepatnya diterima. amin.

Leave a Reply

