Kue Balok

Beberapa bulan ke belakang, kue balok tampaknya jadi trending topic di otak saya. Gimana enggak, teman saya @ardhy_akmal adalah sarjana yang sedang merintis usaha kue balok. Saya pun paling tidak jadi sedikit tahu, apa sih kue balok. Karena sejujurnya, saya baru dengar kue balok ini saat kuliah semester akhir. Padahal kue ini sudah eksis sejak lama.

Menurut info yang saya dapat, kue balok ialah jajanan tradisional yang berasal dari Garut. Sebenarnya bahan adonannya tidak terlalu berbeda dengan kue manis lainnya seperti pukis, pancong (bandros), ataupun kue cubit. Namun untuk membuat kue balok diperlukan teknik khusus baik dalam membuat adonan maupun memasaknya. Yang pasti, memasak kue balok ini harus dengan arang, tidak bisa dengan kompor gas. Dan bukan hanya bagian bawah kue yang dimasak dengan arang. Bagian atas pun dipanaskan hingga kue terlihat mengembang.

Cita rasa yang dihasilkan kue balok ini begitu simple. Manisnya pas, sehingga tidak membuat eneg saat disantap. Seiring perkembangan, di beberapa tempat, kue balok tersedia dalam berbagai rasa: coklat, keju, strawberry, dll. Ada juga pilihan kematangan: setengah matang, matang, dan gosong. Kopi adalah teman yang paling pas saat menikmati kue balok. Bahkan beberapa orang suka mencelupkannya ke dalam kopi sebelum dimakan.

Di sebagian tempat, kue balok dijual pagi hari dan sebagian lainnya sore hingga malam. Kue balok yang dijual pagi hari biasanya terletak di sekitar pasar tradisional. Sedangkan kedai kue balok yang buka malam hari umumnya dijadikan tempat nongkrong oleh para pembeli. Dan sebenarnya tidak masalah mau disantap pagi atau malam. Nikmatnya sama. Supaya lebih nikmat, kue balok yang sudah dingin dipanaskan terlebih dahulu sebelum disantap.

Foto Diambil dari Facebook Bilik Balok

Di Bandung terdapat beberapa kedai kue balok. Saya merekomendasikan Bilik Balok yang terletak di Jalan Gatot Subroto (+/- 350 m dari BSM, arah Kiaracondong). Selain yang original, pilihan rasanya juga beragam: coklat, keju, strawberry, nanas hingga blueberry. Rasanya bikin nagih. Cukup dengan Rp 1.500 saja kita sudah dapat menikmati kue balok original. Sedangkan untuk kue balok dengan rasa-rasa dijual Rp 2.000/kue. Tersedia juga berbagai macam minuman hangat: kopi, teh, dan teh tarik. Bilik Balok yang mulai buka pukul 19.00 ini juga asyik dijadikan tempat nongkrong dengan rekan-rekan.

Advertisements

4 thoughts on “Kue Balok

  1. Mas..bagi resep dong..dan cara pembakarannya..saya ingin buka usaha ini di pekanbaru..nanti kalau sukses..akan saya kirimin mahar ke rekening mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s