Tentang Kosan..

Ini adalah cerita tentang pengalaman pertama saya tinggal sendiri di Jakarta. Jadi, setelah saya diterima untuk bekerja di oke#one, saya mencari kamar sewaan alias kosan atau kos-kosan. Kantor oke#one sendiri terletak di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Sebelum mencari, saya sudah mendapat info dari teman-teman, mengenai harga sewa kosan di sekitar Kebon Sirih. Tapi, itu sempat membingungkan. Auzan, teman di kantor bilang kalau harganya mahal-mahal, meski yang murah tetap ada. Sementara Bobbi, sekitar tiga tahun lalu, tinggal di kosan yang harganya sangat murah, meski keadaannya kamarnya memang sangat biasa.

Untuk membuktikan mana yang benar, akhirnya saya memulai pencarian. Setelah tanda tangan kontrak, saya sengaja minta ke HRD untuk tidak langsung mulai kerja, karena akan mencari kosan. Pencarian pun dimulai dari Kebon Sirih Timur (paling dekat dengan kantor) hingga Kebon Sirih Barat (dekat Jalan Jaksa). Di timur, simpulan yang saya dapat adalah rata-rata sekitar 700ribu/ bulan. Barat? Sama saja. Padahal, rencana saya adalah menyewa kosan seharga 400-500ribu/ bulan. Hasilnya? Sulit, benar-benar sulit mencari kosan dengan harga segitu. Sempat nemu kosan 400ribu/ bulan, tapi keadaan kamarnya sungguh tak layak. Parah.

Karena saat itu saya tidak bisa berlama-lama untuk nyari kosan (harus kembali ke BDG dan lusanya mulai kerja), apa yang ada di pikiran pun berubah. Kalau sebelumnya saya berpikir ‘Biarin, kosan yang murah dulu, nanti ke depannya cari yang harganya lebih mahal tapi enak’, maka saat itu langsung berubah 180 derajat menjadi ‘Biarin, kosan yang mahal dulu, nanti ke depannya cari yang agak murah’ haha. Akhirnya, saya menyewa kosan dengan tarif 700ribu/ bulan, selanjutnya sebut saja kosan1. Kamar mandi di dalam, TAPI, kamar mandi itu letaknya di dalam kamar, jadi ngabisin ruang. Kosan1 ini sempit (gara2 kamar mandi itu). Tapi, kelebihannya adalah kosan ini baru selesai dibangun sekitar sebulan. Jadi, masih sangat baru dan kamar mandinya bersih.

Kosan1 ini ada empat kamar. Dua diisi oleh keluarga, dan dua lagi oleh perorangan (salah satunya saya). Keluarga pertama, yang ada di pojok, merupakan mas-mas beserta istri dan anaknya. Mereka asal Makasar. Mas itu bernama Abdul. Dia kerja di tempat semacam travel/ biro perjalanan/ tempat menjual tiket perjalanan di Jalan Jaksa. Dia itu satu-satunya warga kosan yang suka mengobrol dengan saya. Keluarga kedua, bapak-bapak sekitar 40 tahun-an tinggal bersama istri dan anak perempuannya yang masih kecil. Ini kamar yang paling menarik. Kenapa? Suami-istri ini sering sekali ribut, sangat sering! Sangat mengganggu! Pemicu keributan adalah si bapak yang sangat sensitif dan pemarah. Masalah-masalah kecil jadi besar. Hampir setiap hari istrinya dia marahi. Tapi, menurut saya, yang paling kasihan adalah anaknya yang masih kecil. Tinggal di ruangan sekecil itu, anaknya mau tidak mau pasti sering dengerin ayah-ibunya ribut. Saya pikir gak bagus lah itu buat sisi psikologis si anak. Si Ayub, yang pernah nginep di kosan saya, menyebut ‘tayangan wayang’ jika suami istri itu sedang ribut. Haha.

Lalu, penghuni yang terakhir adalah perempuan berkerudung yang bekerja di BANK Syariah Mandiri. Orangnya sangat tertutup dan sangat jarang saya berbincang dengan dia, soalnya, selain emang jarang ketemu, ya itu tadi, dia sepertinya emang gak mau bercengkrama dengan orang lain di kosan. Dua teman saya yang pernah menginap yaitu Rully a.k.a Ule dan Ayub bilang, perempuan itu cantik. Bahkan Ayub bilang dia sekilas mirip Nabila Syakieb. Menurut saya, sekilas memang menarik sih, tapi, ah, banyak yang lebih menarik, haha.

Merasa tarif di kosan1 ini terhitung mahal dengan berbagai kekurangannya seperti kamar sempit, banyak nyamuk, dan orang-orang di sekitarnya kurang menyenangkan, saya ingin pindah. Saya sempat iseng-iseng mencari di daerah Kebon Kacang, tapi gak ada yang cocok. Kata Ule, daerah situ mah Bronx pisan. Dan, akhirnya, setelah tinggal dua bulan di Kebon Sirih Barat, saya pindah ke daerah Kali Pasir, dekat Cikini. Mau tau tarifnya berapa? 450ribu/ bulan dan itu termasuk fasilitas cuci-setrika (FYI, di Jakarta, setrika=gosok). Kamar mandi memang di luar, tapi ada dua dan dua-duanya sangat bersih, bahkan, WC-nya pun WC duduk. Kosan ini lebih luas ketimbang kosan1. Tapi, tentu harga murah nggak mungkin nggak ada kekurangan. Ya, kekurangannya adalah dinding kamarnya bukan tembok, tapi triplek, jadi mungkin akan lebih terasa panas. Tapi, secara keseluruhan, saya rasa, kelebihannya lebih banyak daripada kekurangannya. Jadi, saya merasa beruntung dapat kosan ini. Sekarang, saya baru sebulan menempati kosan2. Mudah-mudahan ke depannya saya semakin merasa nyaman, Amin.

Saya jadi ingin menulis rincian perbandingan kosan1 dan kosan2:

Kosan1 (Jalan Kebon Sirih Barat Dalam) – Rp 700ribu/ bulan

(+) Kamar mandi dalam; Bangunan baru; Jarak ke kantor cukup dekat- sekitar 500m

(-) Mahal; Sempit; Banyak nyamuk; Lingkungan tak enak; Gang menuju kosan gelap & suka banyak ti ucing (dan update!)

Kosan2 (Jalan Kali Pasir- Cikini) – Rp 450ribu/ bulan

(+) Murah; Sudah termasuk cuci-setrika; Kamar mandi bersih; Di bawah adalah dapurnya si ibu- ada air galon, kulkas, kompor gas;  Deket Menteng Huis (mall kecil)- ada Giant, Domino’s Pizza,dll.

(-) Dinding triplek; Jarak ke kantor lumayan- sekitar 1km

*Karena ada beberapa orang yang tanya, jadi saya mau menambahkan: Kalau di sekitar Jalan Kali Pasir, untuk saat ini, kemungkinan rata-rata harganya Rp 500-700 ribu. Di sekitar Kebon Sirih Timur/Barat, Rp 600-800 ribu (daerah sini memang agak mahal). Kalau mau nyari ke daerah lain mungkin bisa ke Kwitang (dekat Tugu Tani) atau Kebon Kacang (dekat Sarinah), tapi kalau untuk harganya, saya nggak tahu :).

Advertisements

21 thoughts on “Tentang Kosan..

  1. Oy kang… Sama sama ni kayak gw dr BDG cr kosn di jkt krna dpt kerja di kbon sirih…

    Btw gw jg cri kisaran 500 daerah sini tu gada ya? Yg layak gtu standar…

    Gatau lagi nyari dimana nih… Belum liat kampung bali ama belakang HI sih

    Benhil gtu katanya banyak?

    Mohon pencerahan ama kang sepuh… Makasih

    1. Helo EC, wah ti BDG oge euy. hehe.

      haha, sepuh apanya, ini juga pertama kalinya nyari kosan di JKT. Kantor Kebon Sirih nya sebelah mana nih? agak-agak ke arah Thamrin ya? Kalo di Kebon Sirih dalam, emang susah cari yang 500-an tapi lumayan. Amannya 700 lah.

      Kalau mau yang agak murah mungkin bisa coba ke Kebon Kacang (perempatan Sarinah ke arah Tanah Abang. Atau daerah Kali Pasir kaya saya, atau Kwitang (tapi dua arah ini sekitaran Tugu Tani). Selebihnya, saya juga ngga tahu. Semoga bisa membantu. 🙂

  2. Eh… Eh… Eh…
    Kalimat yg ini, ada yg mirip ciri²nya (lihat yg d Caps Lock):

    “penghuni yang terakhir adalah perempuan BERKERUDUNG yang bekerja di BANK Syariah MANDIRI. Orangnya sangat tertutup dan sangat jarang saya berbincang dengan dia, soalnya (…)”

    yang di (…) eta kuduna diisi kalimat: (bikin saya selalu inget mantan saya)
    hahaha :p

    1. waduh, maap gak bisa membantu mbak, nggak nyimpen no. telp nya. Mungkin datang & cari langsung lebih bagus, biar keliatan cocok/ nggak nya. 🙂

  3. mang, kami oge ti bdgcity br dpt gawean di hotel tukangeun Plaza Indonesia ituu tuhhh
    keur bingung nyari kosan mang, ieu msh nebeng di kosan baturan daerah kebon kacang 22, 750/bln bgs pisan tp pinuhhh 😦 pgn yg gopean euyy
    eh kali pasir daerah mana tah mang??

    1. Kali Pasir mah dekeut Tugu Tani, rada lumayan mun ti PI. Kebon Kacang udah paling bener jigana mang, lumayan dekeut. coba dicari lagi. hehe.

  4. Gila..ini tulisan sangat bermanfaat bgt…kebetulan sya lagi nyari kosan juga kang.. dpat magang di mn*tv….jadi ragu milih yg mana…mkasih kang infonya…

  5. halo adit….infonya bgs banget nih…..kebetulan bu lg cari kos yg dkt PT SKY BEE jln kebon sirih raya kavling 63.buat anak ibu sm temen2 nya yg mau pkl …..kira2 ada info kos yg murah n layak
    ga buat 4 org…..hatur nuhun

    1. Perasaan komentar ini udah di-reply. Kalau harga updatenya saya ngga tahu ibu. Mungkin anaknya bisa dateng langsung & cari-cari sendiri, soalnya itu cara paling baik. Semoga bermanfaat.

    1. Alamat detail nggak apal euy. Tanya tanya aja Jl.Kebonsirih Barat Dalam. Pokoknya deket Jl.Jaksa atau Sarinah. Itu aja patokannya. Semoga bermanfaat.

  6. kak yg di kalipasir itu alamat tepatnya apa ? aku juga baru cari kos daerah kalipasir krn kebetulan baru keterima krja di sentra mandiri kak . terimakasih

  7. Mas, terima kasih informasinya…yg di kali pasir dekat cikini itu ada no tlp nya ga kebetulan saya juga lagi cari tempat kos, mhn infonya Mas, tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s