Babak Baru

Alhamdulilah, untuk pertama kalinya saya punya pekerjaan. Ya, dalam artian, saya punya pekerjaan dan mendapat penghasilan tetap per bulannya. Saya bekerja di oke#one, salah satu perusahaan media massa online yang bernaung di bawah #NC Group. Cerita saya mulai dari awal saja ya? Yuk.

Suatu siang pada bulan Februari 2012, lupa tanggal berapa, saya mengirim lamaran via email kepada oke#one, untuk posisi reporter. Oya, status saya saat itu adalah sudah sarjana, sudah diwisuda, dan sedang aktif mencari pekerjaan di bidang yang (insyaAllah) saya minati. Nah, kalau tidak salah, saya mengirim email (berisi CV, pas foto, dan pindaian KTP) pukul 10 pagi. Ternyata, sekitar pukul dua siang saya langsung mendapat telepon dari oke#one yang mengundang saya untuk wawancara esok harinya pukul satu siang. Saya, yang memang ingin segera punya pekerjaan, langsung saja menyanggupinya.

Esok hari, saya berangkat dari Bandung ke kantor oke#one di Jalan Kebon Sirih Jakarta, menggunakan kereta api. Selain belum tahu travel/ menuju daerah sana, saya pikir kereta cukup praktis dan lokasinya tidak terlalu jauh dari St. Gambir (malamnya saya googling). Karena saya pikir saya akan diwawancara untuk posisi reporter news, maka saya beli koran dan baca-baca, isu apa aja sih yang sedang hangat. Saya membaca koran sambil brunch di salah satu tempat makan di sekitar Sarinah (saat itu saya baru tahu kalau Sarinah cukup dekat dengan lokasi).

Waktu wawancara pun tiba. Saya diwawancarai oleh dua orang, entah siapa (sekarang sih sudah kenal. Hehe). Setelah menceritakan pengalaman yang saya miliki saat PKL (Praktek Kerja Lapangan) a.k.a magang tea, saya kemudian ditanya, kira-kira seperti ini, ‘Ini kan buat bola/sports ya, apa yang kamu tahu tentang bola saat ini?’ Zelegurr! (Petir lembut berwarna pink menyambar). Ternyata bukan posisi reporter news yang ditawarkan kepada saya, tetapi reporter bola/sports. Sedikit kaget (20%), tapi saya juga senang (80%), karena, sepakbola mah, ya emang SAYA PISAN lah. Alhasil, ya dengan senang hati saya menerangkan pengetahuan tentang sepakbola yang saya tahu.

Tapi, ternyata tidak berhenti di kesenangan itu. Berikutnya, saya diminta untuk menerjemahkan satu berita bola dan satu berita sport, dari bahasa Inggris ke Indonesia, sehingga menjadi berita yang enak untuk dibaca. Jujur saja, hasil saya waktu itu cukup amburadul, karena saat itu, saya gak terpikirkan bagaimana menerjemahkan berita asing menjadi berita dalam bahasa Indonesia dengan baik. Jadi, mungkin, perkiraan saya sendiri, hasilnya adalah: translate 70% lancar, tapi, untuk menjadi berita yang enak dibaca, saya pikir hanya 50% lancar. Saat itu, saya pikir, ya sudahlah, kalau jodoh ya mungkin diterima, kalau bukan ya gak akan ada panggilan lanjutan. Akhirnya, setelah selesai semuanya di hari itu, resepsionis bilang kalau nanti dihubungi lagi.

Setelah itu, saya pun pulang dengan perasaan yang terbagi dua. Pertama, sedikit kecewa karena saya gagal menyelesaikan berita, yang disadur dari berita asing, dengan baik. Kedua, saya senang karena posisi yang akan ditempati (jika diterima) adalah reporter bola/sports yang mana itu merupakan bidang yang super-duper extra-ultra saya senangi. Dan, selanjutnya, saya hanya bisa berdoa semoga saya bisa diterima.

Setelah beberapa lama, ternyata panggilan datang juga. Beberapa tahap yang saya lalui berikutnya adalah wawancara dengan HRD #NC, HRD oke#one, dan tanda tangan kontrak. Akhirnya, saya pun menandatangani kontrak satu tahun kerjasama dengan oke#one dan mulai bekerja per 9 Maret 2012. Sejauh ini, saya senang dengan apa yang saya kerjakan dan juga nyaman dengan lingkungan kerja. Selanjutnya, mudah-mudahan saya bisa menjalani pekerjaan dengan baik. Amin.

Leave a Reply

