21 Jump Street (2012)

twenty_one_jump_streetGenre: Komedi. Aksi. Drama.
Sutradara: Phil Lord, Chris Miller
Pemain: Jonah Hill, Channing Tatum, Brie Larson, Dave Franco

Diadaptasi dari serial televisi berjudul sama (1987-1991), 21 Jump Street mengisahkan tentang persahabatan antara dua polisi konyol, Schmidt (Hill) dan Jenko (Tatum). Setelah menyebabkan kekacauan di kota, mereka berdua dikirim ke proyek investigasi transaksi obat-obatan terlarang. Schmidt dan Jenko harus menyamar menjadi dua siswa salah satu SMA, yang di dalamnya terdapat transaksi narkoba, dan misi yang harus mereka selesaikan adalah mengungkap siapakah gembong di balik semuanya.

Dalam penyamarannya, mereka harus berbaur dengan beberapa geng di sekolahan tersebut. Namun, Schmidt yang agak polos terlalu terbawa suasana, apalagi hubungannya dengan si manis Molly (Larson) menjadi sangat akrab. Hal itu bertolak belakang dengan Jenko yang bersikap keras dan fokus pada tugas yang sedang jalankan. Perbedaan tersebut rupanya menciptakan kerenggangan di antara Schmidt dan Jenko, sehingga menghambat pekerjaan mereka dalam mengungkap gembong narkoba di SMA tersebut.

Dengan segala permasalahan yang harus dihadapi, apakah akhirnya mereka mampu menyelesaikan misi tersebut? Lalu, siapakah sebenarnya gembong narkoba mereka buru? *

Jika kebanyakan orang memberikan pujian hebat kepada film ini, entah kenapa, saya merasa biasa saja. Jonah Hill memang sangat lucu -seperti biasa, tapi duet dengan Channing Tatum? Menurut saya bukan kolaborasi yang bagus, apalagi saya baru pertama kali menonton Tatum di genre komedi. Cerita dalam film ini cukup sederhana dan berpotensi untuk digarap dengan luar biasa. Sayangnya, saya tidak puas. Terasa nanggung. Bagaimana mereka awalnya berteman dan kompak, kemudian merenggang, hingga akhirnya kembali solid, tidak pada titik yang pas.

Apa saya harus menonton serial tv nya dulu untuk bisa puas? Mungkin saja, karena sebelumnya saya memang tak tahu menahu tentang serial tv nya -yang total ada 5 season. Saat Johnny Depp (pemeran utama 21 Jump Street versi tv) muncul sebagai cameo pada 20 menit terakhir, saya bilang ‘wow! Pertunjukan seperti ini yang saya tunggu!’. Tapi, terlepas dari itu semua, secara kesuluruhan film ini layak ditonton. Lucu, gila, dan tidak membosankan.

Skor: 3 / 5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s