The Descendants (2011)

Genre: Drama. Komdescendants_ver3_xlgedi.
Sutradara: Alexander Payne
Pemain: George Clooney, Shailene Woodley, Amara Miller, Nick Krause, Patricia Hastie

Diangkat dari novel berjudul sama, the Descendants bercerita tentang Matt (Clooney), seorang pria kaya raya yang tinggal di Hawaii dan memiliki istri bernama Elizabeth (Hastie). Ia juga mempunyai dua anak perempuan, Alex (Woodley) dan Scottie (Miller). Sejak awal film, Elizabeth sudah dalam keadaan koma, akibat kecelakaan saat berolahraga ski air. Menyaksikan istrinya yang terbaring tak bergerak, Matt baru sadar kalau selama ini ia terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga cuek terhadap istri dan kedua anaknya. Kenyataan terpahit yang harus diterima Matt adalah kondisi istrinya semakin memburuk dan sudah tak ada harapan. Dan, itu bertambah pahit ketika Alex mengatakan kalau belakangan ini ibunya berselingkuh dengan pria lain.

Mendengar hal itu, Matt penasaran dan mulai mencari tahu siapa pria yang telah berselingkuh dengan istrinya. Dengan bantuan Alex -yang juga geram dengan perselingkuhan ibunya, Matt mencari-cari pria tersebut hingga ke luar kota untuk sekedar memberitahukan kalau Elizabeth akan meninggal. Masalah semakin rumit ketika ternyata pria tersebut ada hubungannya dengan rencana penjualan tanah warisan nenek Matt. Ya, Matt diwarisi puluhan hektar tanah oleh neneknya, dan ia mendapat sedikit tekanan dari para sepupunya untuk menjual tanah tersebut, demi menghasilkan uang banyak. Apa yang dilakukan Matt ketika bertemu pria yang telah berselingkuh dengan istrinya? Lalu, apa keputusannya terkait warisan tanah tersebut? *

Melihat judul dan poster filmnya, saya 3/4 yakin kalau film ini akan membosankan. Tapi, dengan banyaknya pujian yang mengalir, plus lima nominasi Oscar (satu dimenangkan), saya jadi penasaran. Setelah menonton, ya, pujian pun tak malu-malu saya lontarkan. Jalan cerita yang menarik, akting George Clooney yang luar biasa, dan pemandangan yang tak membosankan (ya, itu Hawaii!) berbaur menjadi satu.

Salah satu kekuatan lain di film ini adalah hubungan seorang ayah dengan dua anak perempuannya yang terbangun dengan apik. Chemistry ketiganya -terutama Matt dan Alex begitu terasa, terutama untuk hal: sebagaimanapun kurang perhatiannya sang ayah, selingkuh tetaplah sesuatu yang tidak dapat dibenarkan. Bagi para penggemar drama ringan tentang kehidupan -yang ditambahkan bumbu-bumbu komedi, film ini sangat disarankan untuk ditonton.

Skor: 4 / 5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s